Mencintai Pelajaran Yang Tidak Dicintai

Posted: Juli 2, 2012 in Artikel
Tag:, , ,

Mencintai Pelajaran Yang  Tidak Dicintai

Belajar memang sangat rumit untuk diuaraikan bagi seorang pelajar yang hidup di zaman modern seperti ini. Kebanyakan pelajar malas, tidah bergairah dengan segala mata pelajaran yang ada di sekolah. Apa sebababnya? Mungkin jika di tanya kepada mereka tentang apa yang menyebabkan mereka menjadi malas dan tidak memiliki semangat untuk mengikuti mata pelajaran sekolah adalah “Mereka membenci pelajaran itu.

Dari pengalaman yang pernah saya alami sendiri, ada banyak faktor yang menyebabkan para pelajar zaman sekarang begitu membenci mata pelajaran sekolah terutama pelajaran Matematika, Kimia, dan Fisika. Dan yang menjadi faktor utamanya adalah GURU. Jadi, apa yang salah dengan guru? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan guru, hanya saja sikap-sikap para gurulah yang mempengaruhi sebagian besar dari faktor-faktor yang ada. Sikap-sikap guru yang sering dituding pilih kasih, guru selalu pilih-pilih, guru nggak konsekuen dengan omongan, guru yang bertindak semaunya, guru nggak pernah menerima pendapat murid itulah yang menjadi faktor penyebab para pelajar membenci pelajaran sekolah. Maka hilangkan pikiran seperti itu. Seorang pelajar membenci pelajaran karena mereka tidak menyukai guru dari mata pelajaran tersebut. Faktor lainnya adalah lingkungan dan sahabat.

Lingkungan adalah tempat yang sangat dekat dengan kehidupan para pelajar, mengapa begitu? Karena lingkungan yang tidak bersahabat akan terus menerus membuat pelajar jenuh. Sekarang coba kita banyangkan bagaimana jika sistem pembelajaran dilakukan di dalam kelas terus, pasti kalian akan jenuh bukan? Namun sekarang coba bandingkan jika sistem kegiatan belajar mengajar sekali-kali dilakukan di luar kelas (outdoor) pasti akan ada suasana lain yang dapat kita rasakan dan semangat belajar akan bertambah.

Sahabat, segala bentuk persahabatan memiliki andil dalam masalah ini. Dimana ada sahabat yang akan menemani kita, sahabat yang akan mendukung kita, itulah faktor ketiga dari penyebab kita membenci pelajaran sekolah. Emosional yang terombang-ambing dalam problema persahabatan membuat kita terkadang kepikiran dengan itu. Mereka akan merasa terbebani dengan permasalah yang mungkin saja membuat sahabat-sahabat terdekat mereka menjauh, mereka akan merasa sangat kesepian jika sesaat kehilangan sahabat mereka sehingga konsentrasi mereka sering terpecahkan dan pada ujungnya mereka malas mengikuti mata pelajaran sekolah. Sahabatlah yang menjadi teman mereka karena sahabat yang selalu ada untuk membantu mereka mengatasi masalah hidup bahkan mencarikan jalan keluar ketika mereka sedang berada dalam kondisi sulit mencerna  materi pelajaran sekolah.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki rasa kemalasan dalam menerima materi pelajaran sekolah. Hanya satu kunci yang mampu membuat kita sebagai seorang pelajar mencintai pelajaran yang tidak dicintai yaitu, “Mencintai Guru Pada Mata Pelajaran Tersebut.” Kenapa harus mencintai guru? Karena segala permasalahan yang membuat kita membenci pelajaran adalah karena kita membenci guru. Jadi, mari kita bermain logika kembali. Bayangkan, jika kita sejak awal perkenalan sudah tidak menyukai guru pengampu pelajaran yang tidak kita sukai dapat dipastikan kita akan selalu dan selalu membenci pelajaran tersebut. Berbeda lagi jika sejak awal kita menyukai guru pengampu dari pelajaran yang tidak kita sukai, pasti lambat laun akan muncul sebuah sugesti di dalam diri kita yang membuat diri kita yang semulanya membenci pelajaran tersebut menjadi mencintainya bahkan sangat megidolakannya.

Saya yakin diantara kalian semua yang membaca ini pasti akan bertanya-tanya, bagaimana bisa? Jawabannya sangat mudah sekali. Itu adalah fakta. Darimana saya mengetahui jika semua itu adalah fakta? Karena saya sendiri pernah mengalami masalah ini. Mencintai pelajaran yang tidak dicintai. Awalanya saya tidak percaya dengan semua fakta ini, tetapi karena keseringan saya mengalami hal-hal yang sama, jadi saya dapat menyimpulakan seperti kesimpulan di atas. Jika anda menyukai guru pengampu pelajaran yang tidak anda sukai, lambat laun anda akan mencintai pelajaran tersebut. Saya yakin, apa yang saya tulis ini benar dan benar-benar terjadi di luar sana. Maka sebagian dari anda yang mengalami hal seperti ini, berusahalah untuk menyukai guru tersebut.

Setelah itu, bisa dikatakan kita sudah berhasil menyukai dan mencintai guru beserta mata pelajaran yang dibawakannya. Mari kita sedikit demi sedikit mendekati guru tersebut. Mengajak belajar di luar kelas, mencari suasana lain yang berbeda. Dengan kita dekat dengan guru mata pelajaran yang tidak kita sukai, kita akan semakin mudah untuk sharing mencari solusi terbaik agar kita bisa mendapatkan pemecahan masalah yang kita alami. Dengan ini kita mendapatkan sahabat sekaligus kemudahan dalam belajar. Sebenarnya tidak ada yang sulit dari semua mata pelajaran yang ada di sekolah asal kita menyukai guru mata pelajaran tersebut dan menjadikan mereka sebagai sahabat. Anda Pasti Bisa. Selamat Berusaha. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s