Pelanggaran Nilai dan Norma Sosial di Masyarakat

Posted: Juli 2, 2012 in Artikel
Tag:, , ,

Pelanggaran Nilai dan Norma Sosial di Masyarakat

       i.            Kata Pengantar

 

Satu bagian penting dari kebudayaan suatu masyarakat adalah nilai sosial. Suatu tindakan dianggap sah dalam arti secara moral diterima. Jika nilai merupakan pandangan baik buruknya sesuatu, maka norma merupakan ukuran yang digunakan oleh masyarakat. Apakah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang merupakan tindakan yang wajar dan dapat diterima karena sesuai dengan harapan sebagian besar warga masyarakat ataukah merupakan tindakan yang menyimpang karena tidak sesuai dengan harapan sebagian besar warga masyarakat.

 

ii.            Latar Belakang Masalah

 

 

Di dalam masyarakat yang terus berkembang, nilai senantiasa ikut berubah. Penggeseran nilai dalam banyak hal juga akan mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan ataupun tata kelakuan yang berlaku di masyarakat. Berbagai kalangan semakin pemisif terhadap kaum remaja yang pada mulanya berpakaian normal menjadi ikut latah berpakaian minim yang terkesan berani. Semua remaja berpandangan bahwa itu adalah trendy dan sesuai dengan konteks zaman sekarang (modern). Jadi, berubahnya nilai akan berpengaruh terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat.

 

Masalah-masalah yang menyangkut moral pun sekarang sering menimbulkan kecemasan sosial karena aksesnya dapat menimbulkan ‘gap generation’  karena para generasi muda yang diharapkan sebagai kader-kader penerus, menjadi calon-calon pemimpin bangsa banyak tergelincir kedalam lumpur kehinaan. Bagaimanakah bentuk-bentuk pelanggaran nilai dan norma sosial??? Bagaimana cara mengatasi dan Apa hubungan antara nilai dengan norma??? Semua akan saya bahas dalam bab selanjutnya.

 

iii.             Pembahasan masalah

 

Sesuai dengan permasalahan yang ada dengan berubahnya litelatur zaman, semakin modernnya sebuah zaman, akan membuat semua masyarakat berbondong-bondong berusaha untuk mengikuti zaman tersebut, khususnya kaum remaja. Mengapa demikian??? Jawabanya adalah seorang yang mengikuti semua perubahan zaman berharap mereka tak akan pernah tertinggal oleh perubahan yang terjadi pada zaman tersebut. Dikarenakan semua perubahan yang terjadi saat ini telah disebut-sebut sebagai trendy masa kini. Faktor utama yang yang menyebabkan diri seseorang berubah disaat zaman yang semakin maju ini adalah mereka tidak ingin ketinggalan zaman alias istilah kerennya “KUPER”.

 

Namun apa yang sebenarnya terjadi??? Yang sebenarnya terjadi adalah semakin modernnya zaman maka semakin banyak perubahan-perubahan yang dilakukan seseorang. Jika mereka masih memegang teguh kepercayaan yang mereka anut, maka perubahantersebut akan bersifat positif. Tapi sebaliknya, jika dengan perubahan zaman ini mampu mengikiskan nilai-nilai agama yag mereka miliki, maka tak lain perubahan tersebut akan bersifat negative dan mejerumuskan. Perubahan yang bersifat negative tersebut lama kelamaan akan merusak nilai dan norma social seseorang.

 

Bagaimanakah bentuk pelanggaran nilai dan norma social di masyarakat??? Berikut ini saya akan memaparkan beberapa bentuk dari pelanggaran-pelanggaran yang umumnya terjadi, diantaranya:

  1. Tayangan televise, saat ini banyak tayangan yang memperlihatkan artis-artis yang berpakaian relative terbuka, dan hal itu sedikit banyak telah menyebabkan batas-batas toleransi masyarakat menjadi semakin longgar.

 

  1. Pelanggaran nilai agama, dengan banyaknya perubahan dari zaman ini, banyak nilai-nilai agama yang terkikis. Misalnya, zaman sekarang banyak sekali tindak kejahatan seperti membunuh, memperkosa, mencuri dan lain-lain. Hal itu selain merusak nilai-nilai moral dan agama seseorang tetapi juga melanggar norma-norma yang telah diberlakukan selama ini.

 

Dari dua bentuk pelanggaran nilai dan norma social di atas, dapat kita petik akibat utama yang ditimbulkan oleh keduanya yaitu rusaknya sebuah kepribadian seseorang. Lantas jika seperti itu, Bagaimana cara untuk mengatasinya??? Sebenarnya cara untuk mengatasi semua pelanggaran tersebut tidaklah sulit. Semua itu dapat dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan analisis yang saya lakuan yaitu sebagai berikut:

  1. Larangan tayang bagi film-film atau sinetron-sinetron yang isinya dapat dikatakan fulgar, frontal (dapat merusak jiwa dan karakter) para remaja saat ini.

 

  1. Lebih meningkatkan penanaman nilai agama dan nilai-nilai religious tentang kepercayan yang mereka anut bagi diri seorang remaja.

 

  1. Melakukan penindak lanjutan terhadap pelanggaran nilai dan norma social dengan sanksi yang lebih tegas lagi.

 

  1. Yang dewasa berusaha untuk lebih peka lagi terhadap yag lebih muda.

 

  1. Menegur dan mengingatkan mereka jikalau saja tindakan yang mereka lakukan selama ini tidak bermanfaat bagi diri mereka

 

  1. Memberikan pembelajaran mengenai nilai dan norma social yang lebih intensif lagi.

 

Mungkin saja beberapa cara yang telah saya jelaskan di atas mampu merubah dikit demi sedikt nilai dan norma social mereka. Semoga saja iya ^^ AMIN^^. Di zaman yang semakin menggila ini, setidaknya kita harus berusaha utuk menjadi yang lebih baik lagi. Jangan malah memperburuk semuanya. Akan jadi apa Negara kita ini jika nilai dan norma social sudah tidak di anggap ada. Nilai dan norma social adalah satu-satunya yang dapat di jadikan sebagai pedoman diri kita agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, Apa hubunganya antara nilai dengan norma??? Norma dibangun di atas nilai social dan norma social diciptakan untuk menjaga dan mempertahankan nilai social. Demikian hasil observasi lingkungan dari saya. Semoga semua yang telah saya paparkan dapat untuk menjadi pertimbangan dari anda semua untuk mengetahui betapa pentingnya memiliki nilai dan norma social.

 

iv.            Kesimpulan

 

Pelanggaran nilai dan norma social di dunia ini banyan di sebabkan oleh berubahnya suatu zaman dari tradisional menjadi modern. Factor utama yang paling menonjol adalah keinginan seseorang untuk maju (mencoba yag baru) agar tidak ketinggalan zaman. Jika mereka mampu memilah-milah bentuk-bentuk perubahan tersebut berdasarkan nilai-nilai yang ada maka perubahan tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah perubahan positif dan sebaliknya, jika mereka tidak mampu memilah mana yang baik dan benar, mereka akan terjerumus ke dalam betuk perubahan yang bersifat negative.

 

v.            Saran

 

Banyak orang yang sedikit jera dengan bentuk-bentuk perubahan-perubahan nilai dan norma social di sekitar kita. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda setidaknya mampu menjaring dan memilah bentuk-bentuk perubahan social yang lebih bermanfaat tanpa harus meninggalkan nilai dan norma social yang berlaku.

 

vi.            Daftar pustaka

 

  • Pengertian Nilai dan Norma Sosial (online)
  • Artikel Pelanggaran Nilai dan Norma social (online)
  • www.tirmizi.wordpress.com (online)
About these ads
Komentar
  1. Debby Debora mengatakan:

    Thanks for share

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s